Konsep awal Steam Box, konsol terbaru dari Valve.

Inggris - Perusahaan pembuat video gameValve sebentar lagi akan menguji coba konsol terbaru yang bisa menjadi pesaing serius Nintendo, Sony, dan Microsoft.

CEO Valve, Gabe Newell, mengatakan purwarupa konsol generasi terbaru yang dinamakan Steam Box, akan mulai diuji coba dalam empat bulan ke depan.

"Kami terus berusaha mempercepat peluncuran Steam Box. Dalam tiga-empat bulan ke depan, kami akan melakukan uji coba," ujar Newell.

"Namun masih ada masalah dengan suara dan panas yang ditimbulkan Steam Box," lanjutnya.

Periferal lain seperti controller belum final, namun Newell mengisyaratkan bahwa Steam box akan memiliki sensor gerak, bahkan detak jantung.

"Kami ingin memberikan pengalaman baru dalam bermain, dan itu bisa jadi memperhitungkan ketegangan anda, seberapa cepat detak jantung anda," ujarnya.

Kepastian kapan dan harga dari Steam Box belum bisa diungkapkan karena masih dalam tahap pengembangan.

Steam Box sendiri pada dasarnya adalah komputer personal (PC) yang bisa disambungkan ke televisi biasa. Dengan koneksi internet, pengguna bisa membeli dan mengunduh video gameterbaru dari Steam (toko online untuk video game milik Valve)  dan langsung memainkannya di TV anda.

Sifatnya yang seperti konsol membuat Steam Box menjadi pesaing kuat bagi Nintendo Wii, Sony Playstation 4 dan Microsoft Xbox 720. Playstation 4 dan Xbox 720 akan diluncurkan tahun ini.

Toko online Steam memiliki sekitar 50 juta pelanggan di seluruh dunia dan sangat populer di kalangan gamers terutama di Amerika dan Eropa.